Jumat, 10 November 2023

Buku Ajar Gizi Olahraga

  • November 10, 2023
  • Penerbit NEM

 



Setiap manusia membutuhkan berbagai bahan makanan untuk dikonsumsi. Makanan yang dikonsumsi tentunya mengandung beragam unsur zat gizi. Gizi merupakan substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, dan pemeliharaan kesehatan.

 

Gizi olahraga mempelajari hubungan antara pengelolaan makanan dengan kinerja fisik yang bermanfaat untuk kesehatan, kebugaran, pertumbuhan anak, serta pembinaan prestasi olahraga. Ilmu gizi olahraga merupakan salah satu bidang keilmuan yang perlu dipahami oleh mereka yang berkecimpung dalam bidang olahraga, baik untuk tujuan kesehatan, kebugaran, rekreasi, pendidikan, maupun untuk prestasi.

 

Buku ini membahas tentang ruang lingkup ilmu gizi, manfaat unsur gizi bagi tubuh, metabolisme zat gizi, perhitungan kebutuhan energi, perhitungan nilai kalori bahan makanan, pemeriksaan status gizi, gizi untuk pembinaan prestasi olahragawan, doping, klasifikasi tentang olahraga, serta pemecahan energi dalam tubuh pada saat kontraksi otot.

 

Tujuan mempelajari gizi olahraga adalah memahami hubungan nutrisi, gaya hidup, self image, dan kinerja fisik. Buku ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada pembaca seputar zat gizi dan peranannya dalam pertumbuhan dan perkembangan manusia.

 

                                                               PEMBELIAN BUKU: