Selasa, 12 Desember 2023

Kecerdasan Emosional dan Komitmen Organisasi

  • Desember 12, 2023
  • Penerbit NEM

 


Konsep kecerdasan emosional sebagai fenomena yang tidak terlepas dalam dunia psikologi industri dan organisasi. Dan penggunaannya dalam dunia kerja sangat dibutuhkan karena berdampak pada kondisi karyawan dalam menentukan sikap kerja dan komitmennya dalam organisasi. Kecerdasan emosional pada dasarnya adalah suatu kondisi mental yang melibatkan aspkek biologis, psikologis, maupun kecenderungan untuk bertindak. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk membaca dan memahami orang lain dan kemampuan untuk menggunakan pengetahuan dalam memengaruhi orang lain melalui pengaturan dan penggunaan emosi. Karyawan yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi akan lebih mudah mengendalikan perilakunya dan bisa menghambat perilaku-perilaku yang nonprodukftif sehingga akan berdampak pada perbaikan kepuasan kerja dan peningkatan kinerja karyawan.

 

Komitmen organisasi merupakan sifat-sifat atau ciri-ciri yang dirasakan dalam lingkungan kerja dan timbul karena kegiatan organisasi yang dilakukan secara sadar maupun tidak sadar dan dapat memengaruhi kelancaran aktivitas organisasi. Komitmen organisasi yang baik akan mendukung karyawan bekerja dengan baik. Sebaliknya, apabila komitmen organisasi kurang baik akan mengurangi semangat kerja sehingga dapat menurunkan kinerja karyawan.

 

Buku ini disusun sebagai dasar untuk membantu mahasiswa, para pembaca atau pihak organisasi perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan dengan pemahaman kecerdasan emosional, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari diri karyawan tersebut. 

 

                                                               PEMBELIAN BUKU: