Jumat, 16 Februari 2024

Anggaran Daerah Berinformasi Akrual dan Budgetary Slack

  • Februari 16, 2024
  • Penerbit NEM

 


Informasi sering dikaitkan dengan dampak atau kemanfaatannya. Kehadiran informasi dimungkinkan bisa menurunkan asimetri informasi. Bagian terbesar aktivitas di Pemerintah Daerah yang melibatkan banyak informasi adalah aktivitas penganggaran. Akibat adanya asimetri informasi adalah menurunkan kualitas penganggaran. Asimetri informasi memperbesar kemungkinan potensi menciptakan budgetary slack. Pada sektor bisnis, perencanaan memang melibatkan banyak informasi namun tendensi kesesuaian realisasi dengan rencana tidak sekental dibandingkan di sektor pemerintahan.

 

Dampak kebermanfaatan kandungan informasi akrual terhadap anggaran adalah membuat anggaran lebih berkualitas. Salah satu kualitas yang diharapkan adalah turunnya budgetary slack. Penyusun anggaran yang didukung oleh informasi yang tepat akan berdampak pada anggaran yang tepat sasaran, turunnya budgetary slack, tepat waktu, dan tepat realisasi.

 

Buku ini akan membahas tentang hubungan anggaran berinformasi akrual dan budgetary slack. Adanya informasi akrual akan membuat: (1) perimbangan informasi antara pihak eksekutif dan legislatif, sehingga property of information terdistribusi kepada kedua belah pihak yang menyebabkan slack menurun; dan (2) asimetri informasi dapat meningkat karena property of information yang dimiliki oleh agen dapat menyebabkan manajer melakukan self of interest mengalami peningkatan yang menciptakan slack.


                                                                PEMBELIAN BUKU: