Selasa, 27 Februari 2024

Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia melalui Budaya Organisasi dan Teamwork

  • Februari 27, 2024
  • Penerbit NEM

 



Kepemimpinan sebuah organisasi merupakan suatu hal yang mutlak diperlukan untuk menggerakan roda kehidupan organisasi dalam mencapai suatu tujuan. Kepemimpinan yang ditetapkan dalam sebuah organisasi sangat menentukan berhasil atau tidaknya organisasi tersebut. Kinerja sumber daya manusia merupakan salah satu penilaian untuk menentukan kinerja sebuah organisasi, semakin baik kinerja sumber daya manusia maka semakin tinggi pula kinerja sebuah organisasi.

 

Peran pemimpin dalam sebuah organisasi sangat menentukan kinerja sumber daya manusia. Kepemimpinan transformasional yang merupakan metamorfosis dari gaya kepemimpinan, diyakini mampu memberikan tranformasi pengalaman dan ilmu yang dimiliki kepada anak buahnya agar karyawan yang dipimpinnya dapat mengaplikasikan dan menjalankannya dalam mencapai tujuan organisasi.

 

Pencapaian kinerja sumber daya manusia dalam organisasi tentunya peran pimpinan tidak bisa langsung mewujudkan dan meningkatkan kinerja sumber daya manusia, untuk itu peran pimpinan dalam membangun budaya organisasi dan kerja tim (teamwork) sangat diperlukan untuk mencapai kinerja sumber daya manusia jangka panjang.

 

Buku ini akan membahas peran kepemimpinan transformasional dalam mengantarkan kinerja sumber daya manusia dengan membangun budaya organisasi dan kerja tim. Budaya organisasi yang mendorong keterlibatan dan partisipasi aktif anggota tim akan memperkuat hubungan antara kepemimpinan transformasional dan kinerja sumber daya manusia. Demikian pula kerja tim yang baik dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi anggota tim serta mengoptimalkan penggunaan sumber daya manusia. Harapan penulis buku ini dapat memberikan dan menambah pengetahuan kepada para pembaca sebagai referensi untuk meningkatkan kinerja sumber daya manusia dalam organisasi pembaca masing-masing.

                                                                PEMBELIAN BUKU: