Selasa, 27 Februari 2024

Buku Ajar Bahasa Indonesia

  • Februari 27, 2024
  • Penerbit NEM

 



Buku Ajar Bahasa Indonesia ini dimaksudkan untuk membantu peserta didik agar dapat belajar secara mandiri. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang disajikan dalam buku ini disusun dengan berbasis teks aplikatif, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Dalam buku ajar ini dijelaskan berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai.

 

Sebagai bagian dari kombinasi kurikulum dari masa ke masa, buku ajar ini menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan meskipun tak menggunakan kurikulum sebelumnya, kemampuan berbahasa yang dituntut tersebut dibentuk melalui pembelajaran berkelanjutan: dimulai dengan meningkatkan pengetahuan tentang jenis, kaidah, dan konteks suatu teks, dilanjutkan dengan keterampilan menyajikan suatu teks tulis dan lisan baik terencana maupun spontan, yang bermuara pada pembentukan sikap kesantunan dan ketelitian berbahasa serta sikap penghargaan terhadap bahasa Indonesia sebagai warisan budaya bangsa.

 

Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam kurikulum ini, peserta didik diajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Diharapkan, buku ini mampu memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan, khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X jenjang sekolah menengah kejuruan.

  

                                                                PEMBELIAN BUKU: