Kamis, 14 April 2022

Panduan Praktis Mengelola Referensi dengan Mendeley

  • April 14, 2022
  • Penerbit NEM


Software manajemen referensi digunakan untuk memudahkan dalam penulisan karya ilmiah. Kegunaan dari software manajemen referensi yaitu memudahkan dalam pencarian sumber referensi digital yang relevan, mengorganisir referensi digital dalam library digital dan penggunaan sitasi serta penulisan daftar pustaka lebih mudah dengan berbagai banyak style referensi. Salah satu software yang digunakan dalam manajemen referensi adalah software manajemen referensi Mendeley.

Buku ini menguraikan tentang penggunaan software manajemen referensi Mendeley Desktop Versi 1.19.8 dimulai dari tahap pembuatan akun, instalasi software Mendeley Desktop, dan tahap operasionalisasi Mendeley Desktop. Secara sistematis, buku ini terdiri atas 10 Bab, yaitu Bab 1. Manajemen Referensi Mendeley; Bab 2. Registrasi Akun Mendeley Web; Bab 3. Download dan Instalasi Mendeley Dekstop Versi 1.19.8; Bab 4. Mengoperasikan Mendeley Desktop; Bab 5. Instalasi dan Pengoperasian Mendeley Web Importer; Bab 6. Manajemen Sitasi dan Penulisan Daftar Pustaka; Bab 7. Mensinkronkan File Referensi dengan Akun Mendeley Online; Bab 8. Komunikasi melalui Group Mendeley Online; Bab 9. Sumber Referensi Jurnal Ilmiah untuk Penelitian; dan Bab 10. Penutup.

Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi gambar pada setiap tahapan sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Setelah membaca buku ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam mengelola referensi dengan menggunakan Mendeley bagi dosen dan mahasiswa yang sementara menulis karya ilmiah/publikasi pada jurnal maupun menyusun tugas akhir skripsi/tesis/disertasi.

 Beli Buku: