Senin, 23 Oktober 2023

Budi Daya Tanaman Bawang Merah Organik

  • Oktober 23, 2023
  • Penerbit NEM

 



Bawang merah merupakan salah satu komoditas sayuran yang mempunyai arti penting bagi masyarakat, baik dilihat dari nilai ekonominya yang tinggi maupun dari kandungan gizinya. Tanaman bawang merah dapat tumbuh pada dataran rendah maupun dataran tinggi.

 

Permintaan bawang merah relatif stabil dan cenderung mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Permintaan yang stabil dan cendrung naik menjadikan komoditas bawang merah sebagai salah satu komoditas potensial yang akan menguntungkan jika dikembangkan dalam skala usaha yang besar. Minat petani cukup kuat untuk membudidayakan tanaman bawang merah, namun dalam proses pengusahaannya masih ditemukan berbagai kendala, baik kendala yang bersifat teknis maupun ekonomis.

 

Untuk mengatasi berbagai kendala tersebut, terutama yang bersifat teknis guna menghasilkan bawang yang bebas residu bahan kimia, maka dilakukan pembudidayaan tanaman bawang merah secara organik yang menggunakan input sarana produksi yang organik berupa; penggunaan pupuk kandang, penggunaan biokompos organik rumah tangga, penggunaan pupuk hayati (Trichoderma sp.), dan penggunaan biochar.

 

Harapannya, budi daya tanaman bawang merah organik, dapat dilaksanakan dengan harapan stabilitas produksi terjaga dan terbebas residu bahan kimia. Selanjutnya dengan buku ini diharapkan dapat menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan para pembaca dalam budi daya tanaman bawang merah organik.

 

Selamat membaca dan semoga sukses.

  

                                                               PEMBELIAN BUKU: