Senin, 22 Januari 2024

Kenali dan Cegah Toksoplasmosis

  • Januari 22, 2024
  • Penerbit NEM

 


Toksoplasmosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh parasit obligat intraseluler yang disebut Toxoplasma gondii (T. gondii). Toksoplasmosis pada manusia masih lebih sering terjadi pada wanita. Kondisi ini terjadi ketika T. gondii ditularkan dari ibu ke janin melalui plasenta.

 

Toksoplasmosis klinis dapat bersifat bawaan atau didapat, dan manifestasinya bergantung pada status kekebalan orang yang terinfeksi. Pada pasien dengan sistem imun yang lemah, penyakit ini menyebabkan masalah mata dan disabilitas intelektual. Orang dewasa imunokompeten dengan toksoplasmosis jarang mengalami gejala klinis, termasuk limfadenopati (serviks, supraklavikula, aksial, selangkangan, dan oksipital), malaise, kelelahan, dan sakit tenggorokan, hanya sekitar 10-20% yang menyebabkan gejala klinis seperti mialgia.

 

Toksoplasmosis pada orang dewasa dengan sistem kekebalan yang lemah dan imunodefisiensi seluler: Parasit Toxoplasma gondii menyerang dan menginfeksi otak, lalu menetap dan membentuk kista jaringan. Lebih dari 40% pasien AIDS mengalami ensefalitis dengan nekrosis koagulatif, perdarahan dalam jumlah kecil disertai edema di sekitarnya, dan manifestasi klinis seperti kelainan karinaural, kejang fokal, perubahan status mental, sakit kepala fokal, dan lesi vaskular.

 

Buku ini akan membahas toksoplasmosis dari penyebab, patogenitas, penularan, manifestasi klinik, pengobatan. Materi dalam buku ini dibuat ringkas dengan bahasa yang mudah dipahami bagi pembaca. Semoga dengan hadirnya buku ini harapannya dapat menambah pengetahuan kepada para pembaca sehingga bisa melakukan pencegahan sedini mungkin untuk mengurangi toksolpasmosis di sekitar kita.


                                                                PEMBELIAN BUKU: